Tips Rekomendasi Memilih Laptop & Netbook Untuk Gaming



Apa kabar sobat. kali ini saya membahas tentang tips memilih laptop dan notebook yang nyaman untuk digunakan pada saat kita gaming. Kalian taukan di era sekarang industri game semakin naik daun dan Spesifikasi konsol dan Computer pun semakin meningkat. Sebenarnya untuk laptop/notebook sekalipun tidak terlalu cocok untuk keperluan gaming tapi, fleksibilitas dan kebutuhan dalam berpergian membutuhkan laptop/notebook sebagai penunjang gaming ketika berpergian. (masa iya bawa-bawa PC kemana-mana haha). Tapi jika laptop/netbook memiliki spesifikasi sangat rendah tetap saja semua tidak akan berjalan lancar deh dijamin. Jadi mari simak tips memilih laptop/notebook yang cocok untuk gamming.


1.Processor

Processor Intel I7

Pertama dan yang terpenting yaitu ini dia Prosessor. Prosessor bisa dibilang otak dari komputer, dan kita kesampingkan aja coba bayangin kalo otak manusia itu cerdas pasti tindakannya juga luar biasa, semua sama seperti komputer, kalo si komputer otaknya KEREN pasti si komputernya juga ikut KEREN, ibaratnya gitukan.

Dalam versi Intel, Pastikan untuk memasang generasi Quad Core keatas atau kalo dari saya pribadi ya minimal mah sekarang I3- I5 lah untuk laptop yang digunakan untuk gaming dan memiliki prosessor Intel, Jika AMD saya kurang update cuman terakhir dalam kasusnya Generasi Phenom di AMD sudah lumayan kok tinggal cari diatas Phenom aja berarti.

Dan juga perhatikan Cachenya. cache ini biasanya si ya berkisar 1mb, 2 bahkan sampe 3 mb. yasemakin besar makin baik kok karena kalo makin besar kemampuan data prosessornya menjadi lebih cepat.

Jangan lupa juga perhatikan ClockSpeednya biasanya diatas 2Ghz udah oke tapi pribadi masang sih 3Ghz. kalo bisa cari yang memiliki fitur turboboost karena memiliki kemampuan menaikan clock saat menjalankan program berat secara otomatis (auto Overclock)

masih bingung cara nentuinnya juga ?

nih saya kasih link situs buat bandingin benchmark CPU yang baik, coba cek situs http://www.cpubenchmark.net/cpu_list.php

kalian bisa membandingkan semua prosessor baik AMD, Intel, segala macem deh, semakin naik naik nilai CPU pada kolom mark semakin bagus berarti ya... namun pada kolom rating semakin rendah semakin baik dan CPU Value semakin tinggi semakin baik pula. dan disitu beberapa tercantum harga "SEMAKIN MAHAL SEMAKIN BAGUS" haha.


2. Video Graphic Adapter (VGA)
VGA GForce 8800 GTS

Ini juga salah satu komponen terpenting dalam gaming, yaitu VGA sama dalam kasus processor VGA memiliki kapasitas dan kecepatan kerja yang berbeda - beda. Dalam dunia VGA ada 2 perusahaan besar bersaing dipasaran yaitu Gforce dan ATIRadeon, 2 VGA ini selalu mengeluarkan hasil terbaiknya.. sebenarnya ga cuman 2 itu aja si tapi ya saran saya antara 2 itu pasti memuaskan lah .

untuk cek VGA kalian ? langsung kunjungi situs yang sama pada CPUBenchmark sebelumnya yang ada di artikel prosessor diatas lalu pilih kolom VGA.

dalam kasusnya coba cari memory VGA diatas 1 GB saran saya karena untuk memaksimalkan kerja laptop/ Notebooknya.


3. Random Acces Memory (RAM)
RAM
Ram, ya ini komponen paling pasaran di dunia gaming, semua pasti menyalahkan RAM jika komponen di laptop/notebook itu ga memadai untuk gaming padahal ga cuman ram doang yang diganti tapi komponen sebelumnya sangat menunjang juga. Seperti Fungsi dari RAM sendiri yaitu, menyimpan memori secara sementara. Untuk laptop gaming jaman sekarang Paling minimal itu 2GB tapi saya saran kan 4gb -8gb sekalian karena RAM tak begitu mahal.



Jenis RAM perlu di perhatikan juga, sesuai tidak dengan laptop kita contoh DDR3 dengan lebar bandwith 12800 terakhir itu yang terbaru saya cek. Gimana cara menentukan jenis RAM ?, kita ambil contoh RAM 4GB DDR3 PC12800, artinya Ram tersebut bertipe DDR3. Sebenarnya RAM saya yakin kalian bisa beli dan pasang sendiri secara manual. Namun perlu di ingat sesuaikan jenisnya dengan laptop kalian jika tidak kalian akan mengalami kerusakan pada laptop karena tidak cocok, dalam kasus saya CHIPSET SAYA RUSAK haha.


4. HARDISK
Hardsik 


Hardisk, yap ini untuk penyimpanan data tetap pada Laptop/notebook mu. semakin besar semakin baik, untuk pemiliha hardisk liat dari perputaran Per RPM (Rotation perMinute) semakin besar semakin baik. dan juga minimal sekarang pake aja yang 500gb.


5. Slot expansi, audio, dvd room, adapter dan segala macem hardaware lainnya

biasanya ini mah ngikutin aja ga terlalu terpaku sih yang penting 4 diatas tadi cuman kalo masih emang mau maksimal ya silahkan ganti juga. dan satu lagi saya saran jgn lupa pake teknologi USB 3 yang skrng udah sering digunakan karena penggunaan USB 2 itu kurang maksimal buat saya + cepet rusak karena USB 2 suka konslet listrik statis, jadi pas baca suka Uknown Device dan lainnya lah.

dan tips dari saya lupa nih. cari laptop yang memiliki SPIN kipas pada CPU yang baik agar laptop gak cepet panas. kalo bisa bawa Coolerpad sekalian, tapi skrng adaloh coolerpad yang bisa di kantongin di saku. hargaya sekitar 350rb. didesign emang khusus gamer-gamer yang pergi-pergi terus dan menggunakan laptop/notebook.


nah gimana ? sanggup buat ngeluarin kocek yang dalem untuk keperluan gaming kalian ? haha .

kira kira laptop kalian spesifikasinya apa sih? bisa silahkan share aja disini yak tulis di kolom komentar


No comments:

Post a Comment